Nah, sekarang tiba saatnya kita belajar tentang bahasa pemrograman web yang sebenarnya, yaitu javascript.

Sejarah
Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser milik mereka yaitu Internet Explorer 3. JavaScript sendiri merupakan modifikasi dari bahasa pemrograman C++ dengan pola penulisan yang lebih sederhana dari bahasa pemrograman C++.

Pengertian
JavaScript adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup. Kalau dilihat dari suku katanya terdiri dari dua suku kata, yaitu Java dan Script. Java adalah Bahasa pemrograman berorientasi objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program.

Misalnya, jam ditampilkan pada halaman yang update sendiri untuk menunjukkan waktu saat ini pada komputer pengguna. Desain JavaScript dipengaruhi oleh banyak bahasa pemrograman, termasuk C, tetapi dimaksudkan untuk lebih digunakan oleh non-programmer. JavaScript tidak didasarkan pada atau terkait ke Java, ini adalah kesalahpahaman umum. JavaScript seringkali disertakan dalam file HTML atau link dari file HTML dan dijalankan secara lokal oleh web browser. Ini berarti bahwa server bebas untuk mengerjakan sesuatu yang lain daripada pemrosesan instruksi untuk setiap klien. Hal ini telah membuat JavaScript pilihan yang lebih populer daripada bahasa yang memerlukan server untuk melakukan pengolahan.

Penggunaan Javascript

1. Penulisan Javascript
Javascript biasanya di tulis dalam bentuk fungsi yang di taruh pada tag<head> yang di awalin dengan tag  <script type=”text/javasscript”>………..</script>.
2. Javascript pada bagian head

               biasanya cript yang diletakan pada bagian head akan selalu di jalankan terlebih dahulu.
 contohnya:
    <html>
    <head>
         <script type=”text/jacascript”>
         ………………..
        </script>
    </head>
    </html>
  3.Javascript pada tag body
          biasanya javascript akan di load/dijalankan ketika sudah mencapai halaman body,jadi harus melewati halaman head terlebih dahulu.
contohnya:
  <html>
    <head>
       <body>
         <script type=”text/jacascript”>
         ………………..
        </script>
        </body>
    </head>
    </html>
Catatan: dalam penulisan javascript haruslah di perhatikan karena javascript sangatlah sensitif seperti  bahasa pemrograman yaitu C++.Jadi huruf besar dan huruf kecil sangatlah berpengaruh terhadap javascript.

 

Sumber : http://upyes.wordpress.com/2013/02/01/pengertian-javascript/

http://javascriptsyell.blogspot.com/2009/01/javascript.html

http://myartikelupdate.blogspot.com/2012/10/penggunaan-javascript.html