Apa itu HTML ?

HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language , Menurut Bahasa bisa dikategorikan sebagai berikut :

  • Hypertext berarti kata atau frase tertulis non- sekuensial yang memiliki percabangan dengan bermacam pilihan yang akan menjadikan bacaan yang lebih menarik pada layar interaktif.
  • Markup Language adalah bahasa yang mengkombinasikan antara teks (Hypertext) dengan informasi yang hendak ditampilkan.

Sedangkan Pengertian HTML  menurut istilah  merupakan bahasa yang bersifat statis yang digunakan sebagai standart pembangun halaman web, berfungsi untuk menampilkan tampilan wujud yang terintegrasi dan ditulis didalam format ASCII, bahasa ini bermula dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yang biasa digunakan di dunia penerbitan dan percetakan. bahasa ini pertama kali dibuat oleh Caillau TIM dengan Berners-lee rober.

Bahasa HTML biasanya diintruksikan dengan kode yang diberi nama TAGS, berawalan (<) dan diakhiri dengan (>), misalnya paragraf, tanda <p> berarti pembuka bahwa perintah paragraf aktif, sedangkan</p> adalah penutup dari perintah paragraf yang diaktifkan tadi.

Fungsi HTML sendiri bisa digunakan untuk mengintegrasikan sebuah gambar dengan tulisan, membuat link, integrasi berkas suara dan rekaman video, bahasa HTML juga memungkinkan kita untuk mengedit tampilan atau berkas yang hendak kita kirimkan melalui media online, seperti menentukan besar kecilnya kelompok kata yang hendak digunakan sebagai judul,Heading dll, membuat tulisan miring, cetak tebal hingga menentukan karakter-karakter tertentu.

Sumber : https://atcontent.com/Publication/879094867699999fz.text/-/PENGERTIAN-HTML-DAN-FUNGSINYA